Yogyakarta, (12/06), PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan prima kepada pengguna jalan tol. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri) atas kolaborasi dalam mewujudkan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024. Penghargaan ini diserahkan dalam acara Rapat Kerja Teknis Fungsi Lalu Lintas Tahun 2024 dengan tema “Polantas Presisi Hadir Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan dalam Rangka Terwujudnya Indonesia Emas” di Yogyakarta, pada hari Rabu (12/06).
Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti mewakili manajemen Jasa Marga hadir menerima penghargaan dalam kategori prestasi “Berkolaborasi Secara Aktif dalam Pengamanan Arus Mudik dan Arus Balik Operasi Ketupat Tahun 2024”.
Hadir dalam acara ini di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kakorlantas Polri Aan Suhanan serta stakeholder terkait.
Kakorlantas Polri Aan Suhanan dalam sambutannya mengatakan, sejumlah rangkaian kegiatan nasional telah diselesaikan seperti penyelenggaraan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024 serta kegiatan internasional seperti World Water Forum 2024 yang ke-10 dengan aman, tertib, lancar, dan kondusif. Tentunya, hal ini merupakan keberhasilan seluruh insan Polri dan juga masyarakat.
“Melihat hasil survei indikator politik Indonesia, menyebutkan bahwa 90,4% pemudik yang melaksanakan mudik libur Lebaran tahun 2024 ini merasa puas. Dalam hal ini, ada peningkatan 0,9% dari tahun lalu,” ucapnya.
Selain itu, sebanyak 88% masyarakat juga menyatakan puas terhadap pengaturan lalu lintas dalam penyelenggaraan mudik dan balik Lebaran tahun 2024. Dirinya menambahkan, ini merupakan keberhasilan seluruh masyarakat, insan Polri, dan stakeholder yang mengelola arus mudik dan arus balik Lebaran pada tahun 2024.
Sementara itu, secara terpisah Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengatakan, penghargaan yang diterima Jasa Marga ini merupakan wujud apresiasi atas kerja sama lintas sektor dalam mewujudkan kelancaran dan keselamatan para Pemudik pada libur Lebaran 2024.
“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Jasa Marga selaku pengelola jalan tol untuk terus memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Jasa Marga akan siap dengan strategi operasional untuk meningkatkan pelayanan di jalan tol sebagai upaya dalam menjaga Standar Pelayanan Minimal (SPM) agar tetap optimal,” ujar Faiza.
Upaya Jasa Marga dalam mensukseskan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024 menunjukkan hasil yang nyata, Jasa Marga mencatat kecepatan rata-rata kendaraan rute Cawang s.d Semarang pada puncak arus mudik adalah sebesar 68 km/jam atau meningkat 11% jika dibandingkan tahun lalu. Untuk waktu tempuhnya yaitu 6 jam 53 menit atau lebih cepat 15,5% dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, kecepatan rata-rata kendaraan rute Semarang s.d Cawang pada puncak arus balik adalah sebesar 79 km/jam atau meningkat 2% jika dibandingkan tahun lalu. Waktu tempuhnya yaitu 5 jam 50 menit atau lebih cepat 5% dibandingkan tahun lalu.
Kesuksesan Jasa Marga dalam mengawal arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024 tidak lepas dari beberapa aspek yang menjadi perhatian Tim Satgas Jasa Marga Siaga seperti memastikan kesiapan pelayanan operasi, memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, menyiapkan strategi antisipasi dan cara bertindak untuk penanganan pada situasi darurat seperti cuaca ekstrem, mengendalikan flow kendaraan dan kepadatan di rest area, membatasi kegiatan konstruksi dan mobilisasi kendaraan angkutan barang di jalan tol selama masa operasional pelayanan Lebaran, memastikan kesiapan jalur fungsional yang akan digunakan, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dan pengolahan data kondisi lalu lintas terkini dengan memanfaatkan platform Jasamarga Integrated Digitalmap(JID) dan aplikasi Travoy.