Close Menu
Berita NusantaraBerita Nusantara
    What's Hot

    Kenapa OPPO Pad SE Jadi Pilihan Tepat Bunda? Karena Aman untuk Anak, Nyaman untuk Ibu

    Senin, 4 Agustus 2025

    Resmi Buka UMK Digital Fest 2025, Telkom Pacu Semangat Go Digital untuk UMKM

    Senin, 4 Agustus 2025

    Galaxy Watch8 Sudah Bisa Dibeli Langsung, Smartwatch Andal yang Siap Dukung Gaya Hidup Aktifmu

    Senin, 4 Agustus 2025
    Facebook X (Twitter) Instagram YouTube
    Facebook X (Twitter) Instagram
    Berita NusantaraBerita Nusantara
    • Home
    • Bisnis
    • Nasional
    • Pemerintahan
    • Indeks
    Berita NusantaraBerita Nusantara
    Berita Nusantara / Survei Twilio: Lebih dari Separuh (56%) Konsumen Asia Pasifik Tidak Akan Lagi Membeli Jika Brand Tak Mampu Menjaga Kepercayaan
    Bisnis

    Survei Twilio: Lebih dari Separuh (56%) Konsumen Asia Pasifik Tidak Akan Lagi Membeli Jika Brand Tak Mampu Menjaga Kepercayaan

    beritanusantaraberitanusantaraSelasa, 22 Oktober 2024


    Untuk membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan, bisnis perlu menggunakan saluran komunikasi yang tepat pada waktu yang tepat.

    SINGAPURA, 22 Oktober 2024 – Kepercayaan terhadap suatu brand merupakan faktor utama yang menentukan seberapa kuat interaksi konsumen dengan brand, tapi yang tak kalah penting adalah seberapa cepat dan efektif bisnis terhubung dengan mereka melalui saluran yang tepat. Demikian kesimpulan dari laporan Consumer Preferences Report 2024 yang disusun oleh Twilio (NYSE: TWLO), platform interaksi dengan pelanggan yang menghasilkan pengalaman real-time dan terpersonalisasi untuk brand-brand terkemuka.

    Laporan ini disusun berdasarkan sebuah survei global yang melibatkan 3.900 konsumen, termasuk 900 individu dari kawasan Asia Pasifik (APAC). Fokus dari survei ini adalah mengeksplorasi preferensi komunikasi saat ini, termasuk saluran yang disukai konsumen, bagaimana penggunaan pesan bermerk (branded message) memengaruhi kepercayaan konsumen, dan bagaimana waktu respons brand berdampak pada keseluruhan pengalaman konsumen.

    Konsumen di Asia Pasifik menjunjung tinggi kepercayaan dalam hubungannya dengan brand, dan hal ini dapat diperkuat dengan branded message

    Penelitian Twilio mengungkapkan bahwa 56% konsumen di Asia Pasifik tidak akan membeli dari suatu brand jika mereka kurang percaya akan brand tersebut. Di Indonesia sendiri, seiring pesatnya perkembangan bisnis e-commerce, marak terjadi berbagai aksi penipuan berkedok program afiliasi atau promosi dompet digital dengan mencatut brand e-commerce terkemuka. Beberapa bahkan berani menggunakan logo OJK, lembaga pengawas penyedia jasa keuangan nasional. Sulit bagi konsumen untuk membedakan antara sumber tepercaya dan penipuan, yang mengakibatkan tergerusnya kepercayaan konsumen terhadap brand. Di tengah situasi seperti ini, kepercayaan menjadi faktor yang kian penting dalam pengambilan keputusan konsumen saat berinteraksi dengan suatu bisnis.

    Untuk memenuhi tuntutan yang semakin kuat akan kepercayaan, brand harus memastikan bahwa dalam interaksi dengan konsumen, mereka tampil dengan cara yang mudah dikenali dan aman, baik itu dengan mencantumkan lencana verifikasi atau menyisipkan identitas merek dalam komunikasi mereka dengan konsumen. Faktanya, hampir 7 dari 10 konsumen APAC (68%) akan lebih yakin berkomunikasi dengan suatu brand jika dalam pesan itu tersemat lencana verifikasi, sementara 57% menyatakan bahwa penggunaan branded message membuat suatu brand lebih dapat dipercaya.

    “Menghadapi konsumen yang semakin cerdas dan kritis, kepercayaan telah menjadi landasan dari hubungan pelanggan dengan brand. Kabar baiknya, kini alat seperti branded messaging tersedia dan mudah diakses, sehingga pelaku bisnis saat ini memiliki peluang yang belum pernah ada sebelumnya untuk membangun kepercayaan, memperkuat pengenalan masyarakat akan brand mereka, dan untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dalam skala besar. Kehadiran berbagai saluran komunikasi yang lebih kaya menumbuhkan peluang bagi bisnis untuk menciptakan interaksi yang lebih dalam dengan pelanggan mereka,” kata Robert Woolfrey, Vice President Twilio Communications untuk kawasan APJ.

    Untuk memperkuat identitas brand sekaligus menumbuhkan kepercayaan pelanggan, Twilio baru-baru ini mengumumkan ketersediaan global fitur perpesanan  Rich Communication Services (RCS) melalui layanan Programmable Messaging dan Verify API.

    Memperkuat pengamanan untuk mendorong penjualan

    Selain menggunakan identitas resminya, brand sekarang memiliki tanggung jawab tambahan untuk memastikan bahwa komunikasi yang mereka lakukan dengan konsumen memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku serta dilakukan secara transparan dan aman guna meraih dan membangun kepercayaan. Dalam survei Twilio, konsumen Asia Pasifik menyatakan bahwa mereka akan lebih mempercayai suatu brand yang menerapkan langkah-langkah jelas untuk membangun kepercayaan, seperti autentikasi dua faktor (2FA) untuk akses atau perubahan akun yang aman (55%) dan respons yang cepat untuk setiap pertanyaan atau keluhan pelanggan (54%). Menggunakan nomor telepon yang dapat dikenali (49%) juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Penguatan kepercayaan antara brand dengan konsumen berbanding lurus dengan hasil bisnis yang signifikan, termasuk peningkatan retensi pelanggan dan lebih banyak rujukan dari mulut ke mulut.

    Pemilihan saluran yang tepat menentukan langgengnya hubungan dengan pelanggan

    Selain membangun dan menjaga kepercayaan, hal lain yang sama pentingnya untuk mempertahankan pelanggan adalah menjangkau mereka melalui saluran yang mereka sukai. Kenyataannya, 86% konsumen APAC mengharapkan brand untuk menggunakan saluran komunikasi pilihan mereka, namun hanya 48% dari seluruh interaksi brand dengan konsumen yang memenuhi syarat ini. Dari perspektif lain, ini  merupakan peluang besar bagi bisnis di kawasan Asia Pasifik untuk melakukan perbaikan dan memenuhi harapan konsumen.

    Survei menunjukkan bahwa beberapa saluran komunikasi yang paling disukai konsumen untuk berkomunikasi dengan bisnis adalah email (81%), pesan teks (SMS/MMS) (46%) dan aplikasi perpesanan sosial seperti Facebook Messenger dan Instagram (31%). Sebaliknya, push notification dari aplikasi seluler milik brand menjadi saluran yang paling tidak disukai (20%) di kawasan ini. Kesalahan dalam memilih saluran yang tepat untuk terhubung dan berinteraksi dengan konsumen dapat berakibat serius: 20% konsumen mengatakan mereka akan beralih ke brand lain jika saluran pilihan mereka tidak tersedia.

    Waktu respons semakin menjadi penentu

    Di era interaksi serba digital ini, konsumen memberi perhatian lebih besar pada seberapa cepat brand menanggapi pertanyaan mereka. Sayangnya, sebagian besar brand justru gagal memenuhi harapan ini, dengan hanya 31% konsumen mengaku puas bahwa brand memenuhi ekspektasi waktu respons mereka.

    Di Asia Pasifik, 43% konsumen mengharapkan brand untuk merespons dalam waktu satu jam, tetapi konsumen bersedia memperpanjang waktu respons yang diharapkan hingga 27 jam. Respons yang tertunda dapat menyebabkan bisnis kehilangan pelanggan, terbukti 53% konsumen memilih untuk membeli dari brand lain akibat waktu respons yang lambat. Sebaliknya, 39% brand Asia Pasifik yang memprioritaskan komunikasi cepat berhasil mendongkrak tingkat retensi pelanggan. Hal ini menegaskan pentingnya responsivitas dalam kesuksesan sebuah bisnis.

    Jika dijalankan secara efektif, komunikasi dengan pelanggan dapat meningkatkan mutu interaksi, mendorong konversi, dan memperkuat hubungan di setiap tahap perjalanan pelanggan. Seiring dengan terus berkembangnya ekspektasi konsumen, Twilio tetap berdedikasi untuk mendukung bisnis dengan menyediakan alat yang mereka butuhkan untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan mereka.

    Temuan utama dalam Consumer Preferences Report 2024 ini diungkap dan dibahas dalam perhelatan tahunan Twilio, SIGNAL Singapore 2024. Selama acara tersebut, para pimpinan Twilio termasuk CEO Khozema Shipchandler dan SVP Product Kathryn Murphy membahas bagaimana bisnis dapat menata ulang hubungan yang bermakna dengan konsumen dengan produk yang ditawarkan Twilio. Peserta juga dapat mendengar langsung kisah sukses dari brand terkemuka global seperti Domino’s, Driva, Endowus, LalaMove, Lendi Group, dan Spriggy tentang bagaimana solusi Twilio mendorong perubahan dalam skala besar bagi bisnis mereka.

    Pelajari lebih jauh Consumer Preferences Report 2024 di sini.

    ###

    Laporan Consumer Preferences Report 2024 Twilio disusun berdasarkan survei terhadap 3.900 orang, termasuk masing-masing 300 konsumen dari delapan negara di kawasan Asia Pasifik, Amerika Selatan, dan Eropa Barat. Selain itu, Twilio mengumpulkan tanggapan dari 500 orang di Inggris dan 1.000 orang di Amerika Serikat. Survei mengenai preferensi saluran komunikasi ini dilakukan Twilio antara 28 Juni sampai 10 Juli 2024.

    Metodologi Laporan

    Tentang Twilio

    Customer Engagement Platform (CEP) dari Twilio adalah platform yang dipercaya oleh banyak perusahaan terkemuka saat ini untuk membangun hubungan secara langsung dan terpersonalisasi dengan pelanggan mereka di mana pun di seluruh dunia. Twilio membantu perusahaan mengolah komunikasi dan data menjadi informasi intelijen dan keamanan yang berguna dalam setiap langkah perjalanan pelanggan mereka, mulai dari penjualan ke pemasaran hingga ke pertumbuhan, layanan pelanggan serta berbagai bentuk penggunaan keterlibatan lainnya, secara fleksibel dan terprogram. Di 180 negara di seluruh dunia, jutaan pengembang dan ratusan ribu organisasi bisnis menggunakan Twilio untuk menciptakan pengalaman menakjubkan bagi pelanggan mereka. Untuk informasi lebih lanjut tentang Twilio (NYSE: TWLO), kunjungi: www.twilio.com.

    Bisnis Ekonomi Ekonomi dan Bisnis Indonesia Nasional Nusantara
    Share. Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Telegram Copy Link
    Previous ArticleTinjau Pemberian Makan Siang Bergizi, Wapres KH Ma’ruf Amin Gibran Rakabuming Mendapat Surat Dari Seorang Murid
    Next Article Innovillage 2024, Hadir Kembali Merangkul Generasi Muda Indonesia Wujudkan Inovasi Membangun Negeri

    Berita Terkait

    Kenapa OPPO Pad SE Jadi Pilihan Tepat Bunda? Karena Aman untuk Anak, Nyaman untuk Ibu

    Senin, 4 Agustus 2025

    Resmi Buka UMK Digital Fest 2025, Telkom Pacu Semangat Go Digital untuk UMKM

    Senin, 4 Agustus 2025

    Galaxy Watch8 Sudah Bisa Dibeli Langsung, Smartwatch Andal yang Siap Dukung Gaya Hidup Aktifmu

    Senin, 4 Agustus 2025
    Leave A Reply Cancel Reply

    Berita Terkini

    Kenapa OPPO Pad SE Jadi Pilihan Tepat Bunda? Karena Aman untuk Anak, Nyaman untuk Ibu

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Resmi Buka UMK Digital Fest 2025, Telkom Pacu Semangat Go Digital untuk UMKM

    Senin, 4 Agustus 20251 Views

    Galaxy Watch8 Sudah Bisa Dibeli Langsung, Smartwatch Andal yang Siap Dukung Gaya Hidup Aktifmu

    Senin, 4 Agustus 20251 Views

    Pameran dan Business Matching “Specialty Indonesia” 2025 Mendorong Industri Specialty yang Tangguh dan Kompetitif di Pasar Global

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Honda STEP WGN e:HEV dan Honda Super EV Concept Menjadi Mobil Favorit di GIIAS 2025

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Mitsubishi Destinator Hadir dan Sambangi Warga di Balikpapan, Kalimantan Timur

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Chery TIGGO Cross CSH Hybrid Sukses Besar di GIIAS 2025, Sabet Penghargaan “Favorite Hybrid Vehicle”

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Indonesia Kaya Budaya, Menperin: Harus Agresif Tunjukkan dan Bangga Pakai Batik

    Minggu, 3 Agustus 20250 Views

    Honda Culture Indonesia 2025 Siap Dimulai, Menyatukan Semangat Komunitas Honda di 11 Kota

    Minggu, 3 Agustus 20250 Views

    Green Run 2025, Inisiatif Kemenperin Ajak Publik Dukung Transformasi Industri Hijau

    Minggu, 3 Agustus 20250 Views
    Don't Miss

    Kenapa OPPO Pad SE Jadi Pilihan Tepat Bunda? Karena Aman untuk Anak, Nyaman untuk Ibu

    By beritanusantaraSenin, 4 Agustus 2025

    Dirancang untuk jadi tablet keluarga yang praktis dan ramah anak, OPPO Pad SE hadir mendukung…

    Resmi Buka UMK Digital Fest 2025, Telkom Pacu Semangat Go Digital untuk UMKM

    Senin, 4 Agustus 2025

    Galaxy Watch8 Sudah Bisa Dibeli Langsung, Smartwatch Andal yang Siap Dukung Gaya Hidup Aktifmu

    Senin, 4 Agustus 2025

    Pameran dan Business Matching “Specialty Indonesia” 2025 Mendorong Industri Specialty yang Tangguh dan Kompetitif di Pasar Global

    Senin, 4 Agustus 2025
    Top Posts

    Vero Sambut Pemimpin Baru untuk Tingkatkan Operasional dan Layanan di Indonesia

    Rabu, 9 Juli 202514 Views

    Smartphone moto g45 5G Perkuat Kinerja Motorola melalui Kontribusinya sebagai Merek Smartphone Terlaris di Lazada Indonesia

    Senin, 28 Juli 20258 Views

    Hari Anak Nasional 2025, Dharma Wanita Kemenperin Resmikan Taman Asuh Anak “Gempita”

    Jumat, 25 Juli 20256 Views

    Pertamina Perkenalkan Inovasi Sistem Perizinan Real-Time di Esri User Conference 2025

    Jumat, 18 Juli 20256 Views
    Berita Nusantara
    Facebook X (Twitter) Instagram YouTube TikTok
    • Tentang Kami
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber
    • Privacy Policy
    • Redaksi
    • SOP Perlindungan Wartawan
    • Contact
    © 2025 NONBLOK.COM | Berita Indonesia.

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.