Close Menu
Berita NusantaraBerita Nusantara
    What's Hot

    APP Group Tegaskan Komitmen Keberlanjutan, Raih BISRA 2025 Lewat Indah Kiat Tangerang dan Perawang

    Kamis, 2 Oktober 2025

    Ketua IPW: Kapolri Bisa dari Akpol atau Non Akpol, Insan Polri Jangan Terpecah

    Selasa, 30 September 2025

    Pemkot Tangsel Bangun Tandon, Long Storage, dan Pompa Air di Perumahan PBI

    Jumat, 26 September 2025
    Facebook X (Twitter) Instagram YouTube
    Facebook X (Twitter) Instagram
    Berita NusantaraBerita Nusantara
    • Home
    • Bisnis
    • Nasional
    • Pemerintahan
    • Indeks
    Berita NusantaraBerita Nusantara
    Berita Nusantara / OVOP Go Global Perluas Pasar IKM Unggulan Berkearifan Lokal
    Nasional

    OVOP Go Global Perluas Pasar IKM Unggulan Berkearifan Lokal

    beritanusantaraberitanusantaraKamis, 24 Oktober 2024

    Kementerian Perindustrian terus melaksanakan berbagai program dan kegiatan strategis dalam upaya pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) agar bisa berdaya saing global. Langkah itu antara lain melalui pendampingan, kemudahan akses pasar, serta pemenuhan regulasi dan standar yang diperlukan pelaku IKM.

    “Upaya pemerintah untuk meningkatkan efektivitas pengembangan IKM di Sentra IKM, juga dilakukan dengan pendakatan pembinaan melalui One Village One Product (OVOP). OVOP adalah suatu pendekatan pengembangan potensi daerah di satu wilayah untuk menghasilkan satu produk kelas global yang unik khas daerah dengan memanfaatkan sumber daya lokal,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita dalam keterangannya, Kamis (24/10).

    Program OVOP telah diselenggarakan oleh Kemenperin sejak tahun 2007. Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 Tahun 2021, Kemenperin menyelenggarakan penganugerahan Penghargaan OVOP setiap dua tahun sekali. Adapun penetapan IKM OVOP terakhir dilaksanakan pada tahun 2022 yang lalu.

    IKM yang telah mendapatkan Penghargaan OVOP tahun 2022 dengan klasifikasi Bintang 2 dan Bintang 3 akan dikurasi kembali dengan melihat kesiapan dan komitmen untuk mengikuti pembinaan lanjutan melalui OVOP Go Global. “Kami menyelenggarakan Program OVOP Go Global sejak tahun 2023 untuk mendongkrak kemampuan peraih IKM OVOP Bintang 3 dan Bintang 2 agar mampu masuk ke pasar internasional,” ungkap Reni.

    Program IKM OVOP Go Global merupakan tahap pembinaan lanjutan dalam Program OVOP Kemenperin. Seleksi dilakukan melalui penilaian potensi untuk masuk ke pasar internasional, minat, komitmen, kesiapan sumber daya, serta permodalan dalam mengikuti pendampingan. 

    “Para IKM OVOP ini diaudit lagi apakah memiliki pengetahuan dan kemampuan pengembangan pasar, siap tembus ekspor, dan produknya potensial sesuai target pasar ekspor,” imbuhnya.

    Setelah Kemenperin menetapkan 77 IKM OVOP pada akhir tahun 2022, dilakukan seleksi administrasi dan penilaian lapangan, hingga terpilih 10 peserta Program IKM OVOP Go Global untuk lima komoditi OVOP. 

    Ke-10 IKM peserta OVOP Go Global tersebut, yaitu Kyria Rezeki dan Rendang Riry pada komoditi makanan dan minuman, Tenun Kubang H Ridwan By pada komoditi kain tenun, Zie Batik dan Pusaka Beruang pada komoditi kain batik, UD Mawar Art Shop dan Menday Gallery and Souvenir pada komoditi anyaman, serta CV. Tanteri, CV. Risman Wijaya Keramik dan Keramik Usaha Karya pada komoditi gerabah. 

    Reni menambahkan, Program OVOP Go Global terdiri dari rangkaian workshop dan pendampingan oleh para trainer dan expert di bidangnya. Selain itu, disediakan pendampingan intensif oleh coach sector sesuai komoditas masing-masing, fasilitasi market entry dalam bentuk partisipasi pada pameran berskala internasional, serta business matching. 

    “Coach sector yang diberikan sebagai pendamping IKM OVOP memiliki kapasitas dan pengalaman dengan jam terbang yang tinggi pada masing-masing komoditas OVOP tersebut. Mereka berfungsi sebagai tempat konsultasi bagi peserta dalam mengikuti rangkaian Program OVOP Go Global,” paparnya. 

    Adapun workshop yang diberikan kepada peserta dan sentra IKM mencakup rencana pemasaran ekspor, pengembangan produk yang diberikan kepada IKM OVOP dan sentra IKM, identifikasi buyer dan rencana promosi, digital marketing, fotografi dan penyusunan katalog produk, serta persiapan pameran.

    “Program pengembangan IKM melalui OVOP Go Global ini mencakup empat aspek, yaitu capacity building, rebranding, market entry, dan expansion. Berkaitan dengan pengembangan kapasitas IKM OVOP, Kemenperin terus menggenjot keterampilan pelaku IKM melalui bimbingan teknis, pendampingan, dan sertifikasi,” ucap Reni.

    Dalam hal rebranding, IKM OVOP dilatih untuk memperkuat citra produk OVOP tanpa meninggalkan kearifan lokal baik dari bahan baku, teknik produksi, maupun keterampilan SDM perajin hingga kemasan. Pada aspek market entry, Ditjen IKMA melatih peserta untuk mampu memperkenalkan produk OVOP ke pasar domestik dan luar negeri, baik melalui pasar digital dan fisik, pameran, maupun temu bisnis serta link and match. 

    “Pembinaan market entry dilakukan sebanyak dua tahap. Para peserta disiapkan agar mampu melakukan ekspor melalui pelatihan dan pendampingan ekspor, market intelligence, serta misi dagang atau link and match,” tandasnya.

    Hasil pendampingan

    Reni menyampaikan, kegiatan pendampingan dan workshop Program IKM OVOP Go Global telah berhasil mengubah budaya bisnis yang selama ini dijalankan oleh IKM, terutama dalam kemampuan pelaku IKM membaca tren pasar dan peluang bisnis. 

    “Bahkan beberapa dari mereka membuka lini bisnis baru untuk menangkap ceruk pasar potensial yang mereka yakini sangat berpotensi. Lini produk baru tersebut telah diperkenalkan ke pasar dan mendapat sambutan yang cukup baik oleh konsumen, baik konsumen loyal dari brand aslinya, maupun konsumen baru dari kelompok target yang disasar,” ungkap Reni.

    Sebagai contoh, IKM Batik Lasem Pusaka Beruang yang telah mengeluarkan merek baru khusus untuk batik premium dan penggunaan zat warna alam. Ada pula IKM Anyaman Mawar Art mengeluarkan merek baru dengan desain yang lebih fresh dan ringan untuk menangkap potensi pasar dari kaum anak muda, serta IKM Risman Wijaya Keramik juga mengeluarkan merek baru dengan model produk yang berukuran lebih kecil. 

    Selanjutnya, dalam pendampingan market entry, sebagai aktivasi rangkaian pendampingan untuk memperluas pasar IKM, para peserta IKM OVOP Go Global ini juga diikutsertakan dalam berbagai pameran berskala internasional dan business matching. Pada tahun 2023, IKM OVOP Go Global ini difasilitasi untuk ikut serta dalam Pameran Inacraft dan Trade Expo Indonesia 2023.

    “Tidak hanya menghasilkan penjualan retail, namun mereka juga menerima business contacts dari dalam negeri dan luar,” ujar Reni mengapresiasi.

    Dari hasil Pameran Inacraft 2023, mereka mendapat jejaring bisnis dari Amerika Serikat, Australia, Bangladesh, India, Jepang, Kanada, Korea, Malaysia, dan Rusia. Sedangkan pada pameran TEI 2023, mereka mendapatkan business contacts dari Amerika Serikat, Australia, Belanda, Cili, RRT, Hungaria, Jepang, Kanada, Korea, Madagaskar, Malaysia, Perancis, Singapura, Spanyol, Tunisia, dan Turki.

    Reni juga mengapresiasi hasil keikutsertaan IKM OVOP Go Global usai pelaksanaan kedua pameran tersebut. Sebagai contoh, IKM Kerupuk Kyria Rezeki dari Kepulauan Riau yang telah mendapatkan deal kerja sama dengan jaringan Hotel Four Point dan Hotel Natra Bintan di Pulau Bintan. Kryria Rezeki juga mendapatkan deal dengan trader PT. Singlong dari Singapura sebanyak dua kontainer. 

    Sementara itu, IKM Rendang Riry dari Payakumbuh Sumatera Barat, berhasil memperoleh pesanan rendang dari Australia sebanyak 100 kilogram. IKM Risman Wijaya Keramik dari Purwakarta mendapat potensial buyer dari Argentina. Selain itu dalam partisipasinya pada pameran Trade Expo Indonesia, IKM Tanteri Ceramics diundang oleh KJRI Chicago untuk mengikuti pameran di Chicago Homeshow. Tanteri Ceramics juga mendapat kesepakatan dengan Coffeeshop Titik Temu dan franchise toko roti Butterman.

    “Sampai dengan akhir September 2024, total omset sepuluh peserta program tersebut mencapai lebih dari Rp 21 miliar, meningkat 13,7% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Dari total omset tersebut, 22,08% di antaranya merupakan hasil penjualan ekspor, meningkat jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang sebesar 19%. Tak hanya itu, tahun ini para peserta kembali diikutsertakan dalam Pameran Trade Expo Indonesia 2024 yang telah dilaksanakan pada 9-12 Oktober 2024 yang lalu,” pungkas Reni.

    Indonesia Kementerian Nasional Nusantara
    Share. Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Telegram Copy Link
    Previous ArticlePersonel Operasi Mantap Praja di Sulut Tingkatkan Mental dan Kohesivitas Jelang Pilkada 2024
    Next Article Telkomsel Gelar Program Inkubasi Startup NextDev ke-10, Satu Dekade Implementasikan ESG untuk Ciptakan Dampak dan Dukung Transformasi Digital Indonesia

    Berita Terkait

    APP Group Tegaskan Komitmen Keberlanjutan, Raih BISRA 2025 Lewat Indah Kiat Tangerang dan Perawang

    Kamis, 2 Oktober 2025

    Ketua IPW: Kapolri Bisa dari Akpol atau Non Akpol, Insan Polri Jangan Terpecah

    Selasa, 30 September 2025

    Benyamin Davnie Jawab Sorotan Publik, Anggaran LKPD 2024 Pemkot Tangsel Diungkap Detail

    Selasa, 23 September 2025
    Leave A Reply Cancel Reply

    Berita Terkini

    APP Group Tegaskan Komitmen Keberlanjutan, Raih BISRA 2025 Lewat Indah Kiat Tangerang dan Perawang

    Kamis, 2 Oktober 20250 Views

    Ketua IPW: Kapolri Bisa dari Akpol atau Non Akpol, Insan Polri Jangan Terpecah

    Selasa, 30 September 20252 Views

    Pemkot Tangsel Bangun Tandon, Long Storage, dan Pompa Air di Perumahan PBI

    Jumat, 26 September 20251 Views

    Benyamin Davnie Jawab Sorotan Publik, Anggaran LKPD 2024 Pemkot Tangsel Diungkap Detail

    Selasa, 23 September 20252 Views

    Disperkimta Tangsel & Baznas Perbaiki Rumah Korban Ledakan di Pamulang

    Rabu, 17 September 20252 Views

    Polda Metro Jaya Dapat Dukungan dari Poros Muda NU Tegakkan Hukum Bagi Perusuh Aksi Demo

    Rabu, 3 September 20251 Views

    Jaringan Muslim Madani: Penjarahan dan Anarki Tidak Sesuai Nilai Demokrasi

    Rabu, 3 September 20251 Views

    Pilar Saga Ichsan Sampaikan Inovasi Pemkot Tangsel dalam Keterbukaan Informasi Publik di KI Banten

    Kamis, 21 Agustus 20251 Views

    Pemeriksaan Kesehatan Gratis IKPP Tangerang & Eka Hospital, Wujud Nyata Komitmen Perusahaan Dukung Kualitas Hidup Masyarakat

    Kamis, 21 Agustus 20250 Views

    Pemerintah Kawal Penguatan Pasokan Gas, PGN Pastikan Operasional Andal

    Senin, 18 Agustus 20250 Views
    Don't Miss

    APP Group Tegaskan Komitmen Keberlanjutan, Raih BISRA 2025 Lewat Indah Kiat Tangerang dan Perawang

    By beritanusantaraKamis, 2 Oktober 2025

    APP Group kembali menegaskan komitmennya terhadap keberlanjutan dengan meraih pengakuan di tingkat nasional dalam ajang…

    Ketua IPW: Kapolri Bisa dari Akpol atau Non Akpol, Insan Polri Jangan Terpecah

    Selasa, 30 September 2025

    Pemkot Tangsel Bangun Tandon, Long Storage, dan Pompa Air di Perumahan PBI

    Jumat, 26 September 2025

    Benyamin Davnie Jawab Sorotan Publik, Anggaran LKPD 2024 Pemkot Tangsel Diungkap Detail

    Selasa, 23 September 2025
    Top Posts

    Kasetukpa Lemdiklat Polri Sambut Baik Rencana Museum di Rumah Pengasingan Bung Hatta-Sjahrir

    Rabu, 29 Januari 20253 Views

    Ketua IPW: Kapolri Bisa dari Akpol atau Non Akpol, Insan Polri Jangan Terpecah

    Selasa, 30 September 20252 Views

    Benyamin Davnie Jawab Sorotan Publik, Anggaran LKPD 2024 Pemkot Tangsel Diungkap Detail

    Selasa, 23 September 20252 Views

    Disperkimta Tangsel & Baznas Perbaiki Rumah Korban Ledakan di Pamulang

    Rabu, 17 September 20252 Views
    Berita Nusantara
    Facebook X (Twitter) Instagram YouTube TikTok
    • Tentang Kami
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber
    • Privacy Policy
    • Redaksi
    • SOP Perlindungan Wartawan
    • Contact
    © 2025 NONBLOK.COM | Berita Indonesia.

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.