Melalui program Coffeepreneur, Indomilk mengajak pelaku industri untuk turut serta menjaga lingkungan dengan meningkatkan daur ulang kemasan karton bekas melalui inisiatif keberlanjutan bersama Tetra Pak
Jakarta, 1 November 2024 – Indomilk, merek susu terkemuka di Indonesia dari PT Indolakto, bangga menjadi sponsor susu resmi Jakarta Coffee Week 2024, yang berlangsung dari 1-3 November. Keikutsertaan dalam event Jakarta Coffee Week 2024 adalah merupakan rangkaian penutup acara Indomilk Coffeepreneur – program yang sudah berjalan di tahun ketiga ini dan menerapkan prinsip ekonomi kreatif dengan memberikan pelatihan keberlanjutan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Di tahun ketiga ini program Indomilk Coffeepereneur ini bekerja sama dengan Tetra Pak, perusahaan solusi pengolahan dan pengemasan makanan terkemuka di dunia mengajukan inisiatif keberlanjutan yang melibatkan pengusaha dan pemilik kafe untuk memilah dan mendaur ulang karton bekas minuman susu, mengurangi dampak lingkungan, dan mempromosikan praktik bertanggung jawab. Inisiatif ini memberikan manfaat baru pada karton bekas minuman susu, memberikan manfaat lingkungan dan ekonomi bagi masyarakat, berkontribusi pada tujuan daur ulang nasional negara dan berdampak memajukan ekonomi sirkular di industri kopi di Indonesia.
Indomilk, telah hadir lebih dari 50 tahun di pasar Indonesia dengan salah satu produknya adalah Indomilk Good Milk UHT Full Cream tanpa penambahan gula, merupakan susu berkualitas tinggi dengan rasa creamy dan tekstur tahan lama untuk campuran minuman kopi dingin serta memiliki kemudahan untuk di frothing untuk minuman kopi panas, merupakan solusi produk tepat untuk pemilik bisnis kopi yang memiliki keterbatasan penyimpanan atau akses ke produk susu segar.
Tjatur Lestijaman, General Manager Research and Development Indolakto, mengatakan, “Kami berkomitmen untuk mendukung industri kopi Indonesia sambil mengurangi jejak lingkungan kami melalui praktik produksi yang bertanggung jawab, solusi pengemasan berkelanjutan, dan inisiatif daur ulang. Program Coffeepreneur dan kemitraan kami dengan Tetra Pak memperkuat komitmen ini, memungkinkan kami untuk mendorong perubahan positif menuju masa depan yang lebih hijau sambil memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat akan produk berkelanjutan.”
Industri kopi global, yang ditandai dengan konsumsi kemasan sekali pakai yang signifikan, menghadapi tekanan yang semakin besar untuk mengadopsi praktik yang lebih berkelanjutan. Seiring dengan meningkatnya konsumsi, kebutuhan bagi bisnis untuk menangani sampah yang dihasilkan juga meningkat. Melalui inisiatif daur ulang seperti ini, Tetra Pak dan Indolakto memimpin upaya untuk mengurangi dampak lingkungan dari industri kopi sambil memperkuat pentingnya mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam operasi bisnis.
Sementara itu Tommy Srihartoyo, Sales Director Tetra Pak, mengatakan,“Untuk mencapai masa depan yang berkelanjutan untuk pengemasan makanan, pendekatan rantai nilai penuh terhadap sirkularitas diperlukan. Kolaborasi dengan pemangku kepentingan utama seperti pelanggan kami adalah salah satu cara yang akan membantu kami mencapainya. Kemitraan ini dengan Indolakto adalah salah satu tindakan strategis yang diambil Tetra Pak dalam meningkatkan kesadaran akan pengumpulan dan daur ulang karton, sambil mendukung Indolakto dalam mencapai tujuan keberlanjutan mereka.”
”Solusi pengemasan Tetra Pak, yang terdiri dari papan kertas, plastik, dan aluminium, dirancang untuk memastikan perlindungan produk sambil tetap dapat didaur ulang sepenuhnya di pasar yang memiliki sistem pengumpulan, pemilahan, dan daur ulang yang memadai. Ketika karton bekas dikumpulkan dan ditempatkan ke dalam tempat sampah terpilah, mereka menjalani proses yang memisahkan komponen bahan-bahannya, yang kemudian digunakan kembali menjadi produk baru yang bermakna, berkontribusi pada ekonomi rendah karbon”, tambah Tommy.
Melalui kolaborasi dalam program Coffeepreneur, Tetra Pak dan Indomilk bertujuan untuk mempromosikan pengumpulan dan daur ulang karton. Program ini diujicobakan di Malang pada tahun 2023, dengan rencana untuk diperluas ke kota-kota lain di seluruh Indonesia di masa depan.
“Inisiatif seperti ini diperlukan untuk merubah pendekatan kita terhadap sampah kemasan di industri kopi. Dengan fokus pada daur ulang, kita dapat secara signifikan mengurangi jejak lingkungan dari produk populer seperti kopi. Penerapan praktik yang diinisiasi oleh Indolakto bersama Tetra Pak ini, membuat kami pelaku industri kopi berhasil secara bertahap mengubah perilaku pengelolaan karton bekas minuman susu. Selama mengikuti program Coffeepreneur ini, kami telah memberikan nilai tambah terhadap ribuan karton susu,” Afif, pelaku usaha dan pemilik kedai di Malang.
Sebagai bagian dari kemitraan mereka, Indomilk dan Tetra Pak akan mengadakan talk show pada tanggal 2 November di Jakarta Coffee Week. Segmen ini akan membahas “DIY Upcycling Karton Susu”, menampilkan Evani Jesslyn, aktivis kopi Indonesia dan pendiri Coffee Academy. “Kopi telah menjadi minuman populer di berbagai kelompok di Indonesia. Dengan meningkatnya konsumsi kopi, terutama minuman yang dibuat dengan susu kemasan, juga terjadi peningkatan karton bekas minuman susu. Saya menghargai langkah-langkah yang diambil oleh Indomilk dan Tetra Pak untuk memberikan edukasi daur ulang sebagai bagian dari program Coffeepreneur. Inisiatif ini mendorong kita sebagai pelaku industri kopi untuk lebih sadar lingkungan dan bekerja sama menuju planet yang berkelanjutan,” kata Jesslyn.
Kunjungi booth Indomilk di ICE BSD, Hall 5 dari tanggal 1-3 November dan ikuti Instagram kami di (at)indomilk.fnb.solutions untuk pembaruan lebih lanjut.
***
TENTANG TETRA PAK
Tetra Pak merupakan perusahaan global terkemuka yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman. Bermitra erat dengan pelanggan dan pemasok, kami menyediakan akses ke makanan yang aman, dan berwawasan bagi ratusan juta orang di lebih dari 160 negara setiap hari.
Dengan lebih dari 24.000 karyawan di seluruh dunia, kami berkomitmen untuk menghadirkan makanan yang aman dan tersedia, di manapun juga, dan kami berjanji untuk melindungi apa yang baik: makanan, manusia dan planet ini. Informasi lebih lanjut tentang Tetra Pak dapat diakses di www.tetrapak.com.
Sekilas PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“ICBP”) merupakan salah satu produsen produk konsumen bermerek yang mapan dan terkemuka. Kami memiliki kegiatan usaha dalam berbagai kategori produk, antara lain mi instan, dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus, serta minuman. Selain itu, kami juga menjalankan kegiatan usaha kemasan yang memproduksi kemasan fleksibel maupun karton untuk produk-produk kami.
Kami menawarkan berbagai pilihan produk makanan dan minuman sebagai solusi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen di segala usia dan segmen pasar, melalui lebih dari 30 merek produk kami yang terkemuka. Banyak di antara merek-merek tersebut memiliki pangsa pasar yang signifikan di Indonesia, didukung oleh kepercayaan dan loyalitas yang mendalam dari para konsumen kami selama bertahun-tahun. Secara khusus, Indomie yang merupakan merek mi instan unggulan kami, telah berkembang menjadi merek internasional dengan kepemimpinan pasar yang kuat hingga ke luar Indonesia.
Kegiatan operasional kami didukung oleh 60 pabrik yang tersebar di berbagai wilayah utama di Indonesia, sehingga kami dapat senantiasa dekat dengan para konsumen dan menjamin kesegaran produk. Kami memanfaatkan jaringan distribusi PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood”) yang ekstensif guna memenuhi permintaan konsumen di segenap penjuru Nusantara, serta memastikan ketersediaan produk-produk kami di seluruh channel penjualan secara tepat waktu dan lebih efisien.
Guna melayani permintaan pasar di mancanegara, kami memiliki lebih dari 20 fasilitas produksi di Malaysia, Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Tenggara yang menempatkan ICBP menjadi salah satu produsen mi instan terbesar di dunia. Selain itu, ICBP juga mengekspor berbagai produknya dari Indonesia, sehingga produk kami hadir di lebih dari 100 negara di dunia.