Yamaha NMAX “TURBO” makin digemari konsumen berkat keunggulan motor skutik MAXi Yamaha tercanggih tersebut. Dibekali fitur-fitur dan teknologi modern yang semakin meningkatkan kualitas berkendara penggunanya, NMAX “TURBO” menjadi pilihan favorit konsumen. Riding menggunakan NMAX “TURBO” telah memberikan pengalaman menyenangkan baik untuk mobilitas harian maupun hobi touring. Yamaha pun telah mengadakan event akbar NMAX Tour Boemi Nusantara (NTBN) yang menempuh total 5.500 km perjalanan dalam 12 etape menjelajahi 6 pulau besar meliputi Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, melintasi 16 provinsi dan ratusan kota maupun kabupaten.
Tak berhenti sampai di situ, Yamaha juga memberikan kesempatan menjajal skutik tersebut di trek lain menghadirkan sensasi berbeda, dengan merasakan kualitas NMAX “TURBO” di sirkuit Mandalika. Dalam rangkaian event bLU cRU Yamaha Sunday Race akhir Oktober 2024 lalu, Yamaha mengajak awak media untuk mendapatkan riding experience NMAX “TURBO” di lintasan sirkuit Mandalika. Untuk pertama kalinya pengalaman berkendara tak terlupakan itu diperoleh dengan menggunakan NMAX “TURBO” di sirkuit Mandalika. Empat lap dilewati dalam suasana senja yang turut mengiringi para pengendara menyusuri karakter trek tersebut.
“Kami telah menggelar sejumlah riding experience NMAX “TURBO” hingga keliling wilayah Indonesia di event NMAX Tour Boemi Nusantara, lalu kali ini bersama media mencoba skutik ini di aspal sirkuit Mandalika. Merupakan pengalaman perdana menguji motor ini di trek internasional MotoGP, istimewanya lagi dengan merasakan matik yang punya banyak keunggulan. Kualitas NMAX “TURBO” makin teruji dengan baik yang dibuktikan sendiri oleh media di sirkuit Mandalika,” ungkap Rifki Maulana, Manager Public Relations PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Kesempatan memacu NMAX “TURBO” di sirkuit Mandalika dimanfaatkan dengan maksimal oleh para media. Salah satunya Jeffry Yanto Sudibyo, peserta test ride NMAX “TURBO” mengutarakan kepuasannya memakai kendaraan ini. “Tenaga yang diberikan cukup mumpuni saat melibas lintasan lurus yang panjangnya 723 meter itu, terutama ketika pakai mode sport. Tapi nafasnya masih sangat panjang dan menurut saya kecepatannya bisa lebih maksimal. Saat test, kecepatan motor yang saya pakai tembus di angka 119 km per jam, tapi sepertinya masih bisa di atas itu. Memanfaatkan teriakan mesin yang lebih instan, sangat mudah mendapatkan torsi dari putaran bawah. Ditambah ketika kami menekan tombol Y-Shift yang terletak pada bagian bawah setang kiri, motor menjadi lebih responsif dari kondisi normal. Catatan fitur itu bekerja lebih maksimal setelah deselerasi. Ketika kami mengendurkan gas dengan posisi S-Mode, tombol Y-Shift kami aktifkan secara bertahap, dari level satu sampai tiga terasa motor matik ini seperti sedang engine brake. Kesimpulannya teriakan mesin yang bisa kita atur secara elektronik dari CVT itu sangat membantu untuk melibas tikungan lebih responsif,” beber Jeffry Yanto Sudibyo.
Riding experience NMAX “TURBO” di sirkuit Mandalika berkesan positif dan spesial karena tidak semua bisa mendapatkan kesempatan khusus ini. Performa unggulan dengan teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YEVCT), fitur Y-shift dan kelebihan lainnya pada motor ini menjadikannya sebagai partner berkendara terbaik di segala medan.
NMAX “TURBO”
Dikembangkan dengan konsep Evolution: Fun Tech X Prestige X Sporty, NMAX “TURBO” merupakan skutik yang menawarkan perpaduan antara nilai-nilai premium dengan teknologi canggih yang mendukung passion berkendara. Nilai premium itu sendiri dapat dilihat pada tampilan desain dan juga kelengkapan fitur first class yang tersemat pada motor. Sementara Fun Tech, merujuk pada kehadiran teknologi terbaru Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT), yang memberikan pengalaman berkendara menyenangkan dengan sensasi “TURBO”.
Performa SEMAXIN Garang
Keunggulan utama yang menjadi daya tarik dari NMAX “TURBO” adalah penggunaan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang telah teruji andal, kuat, dan memiliki torsi merata di setiap putaran mesin sehingga mampu mendukung berbagai macam kebutuhan bermobilitas. Dengan sentuhan pembaruan di sektor jantung pacu, NMAX “TURBO” mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 Rpm.
Performa mesin baru pada NMAX “TURBO” juga turut dioptimalkan dengan adanya teknologi canggih terbaru, yaitu YECVT* yang menggantikan sistem CVT konvensional. Dengan penggunaan teknologi ini, maka NMAX “TURBO” telah memiliki fitur Riding Mode* yang menawarkan 2 mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring) yang dapat dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang kemudi kiri. T-Mode sendiri cocok digunakan untuk mobilitas harian di dalam kota, karena karakter berkendara yang lebih smooth serta efisien bahan bakar. Sedangkan S-Mode, cocok digunakan saat perjalanan jarak jauh seperti touring karena menawarkan akselerasi berkendara yang lebih responsif.
Berdasarkan hasil pengetesan internal Yamaha dengan menggunakan mode berkendara S. NMAX “TURBO” mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter dibandingkan dengan NMAX generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter**.
Selain adanya Riding Mode, dengan menggunakan YECVT NMAX “TURBO” juga memiliki fitur lain berupa Y-Shift* yang tombol pengoperasiannya terletak di bawah stang kemudi kiri. Y-Shift sendiri mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya “TURBO” dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem. Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).
Selain fitur-fitur terkait mesin, untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik, NMAX “TURBO” juga disematkan dengan fitur Dual Channel ABS*, Traction Control System*, Rear Sub Tank Suspension dan juga Ban Tubeless bertapak lebar.
Desain SEMAXIN Mewah
Beralih ke bagian desain motor, NMAX “TURBO” kini memiliki tampilan DNA MAXi Yamaha yang lebih tegas, sporty dan juga mewah, dengan hadirnya sistem pencahayaan lampu depan Full LED yang dilengkapi dual projector untuk meningkatkan visibilitas saat berkendara. Sistem pencahayaan dibagian belakang pun sama, telah menggunakan teknologi Full LED dengan tampilan desain yang lebih modern dan menarik.
Pada bagian kokpit NMAX “TURBO”, area layar Multi-Infotainment Display pun dibuat dengan sangat detail untuk merefleksikan kesan mewah, informatif serta memudahkan akses tangan pengendara dalam mengoperasikan setiap fitur yang terdapat di stang kemudi. Posisi berkendara nyaman dan ergonomis baik untuk sendiri maupun berbonceng juga tetap dipertahankan, namun dengan balutan desain jok baru* yang lebih elegan dan premium.
Features SEMAXIN Canggih
Berbagai fitur canggih dan terbaik untuk mendukung kebutuhan berkendara konsumen turut disematkan pada NMAX “TURBO”. Seperti penggunaan layar Infotainment Display* yang informatif dan menghibur. Melalui fitur ini, pengendara dapat megkontrol pemutaran musik dari smartphone, mendapatkan informasi perkiraan cuaca, fungsi riding mode serta idikator Y-shift dan lain sebagainya. Untuk memudahkan pengendara melakukan touring dan mengeksplorasi tempat-tembat baru, motor ini juga disematkan Navigation System* dari Garmin Street Cross yang dapat menampilkan peta digital dengan petunjuk arah pada layar Infotainment display.
Selain itu, untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi terkait kondisi sepeda motor dan data berkendara melalui smartphone, NMAX “TURBO” juga dilengkapi dengan fitur konektivitas, yaitu Y-Connect. Agar baterai smartphone pengendara dapat terus terisi selama perjalanan, Electric Power Outlet Type C* juga telah tersedia pada kompartemen bagian kiri motor. Selain fitur-fitur di atas, motor ini juga memiliki fitur menarik lainnya seperti Smart Key System*, Stop & Start System hingga kapasitas bagasi yang besar untuk mengakomodir barang bawaan pengendara.
Varian Spesial
Pada kesempatan launching NMAX generasi teranyar, Yamaha Indonesia juga turut meluncurkan varian spesial, yakni NMAX “TURBO” TECH MAX ULTIMATE yang mendapatkan tambahan part spesial yang tidak ada pada varian lainnya. Part spesial tersebut adalah Performance Damper yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas serta handling saat berkendara. NMAX generasi terbaru ini ditawarkan dalam 5 varian yaitu NMAX “TURBO” TECH MAX ULTIMATE, NMAX “TURBO” TECH MAX (Magma Black), NMAX “TURBO” (Magma Black, Elixir Dark Silver), NMAX NEO S Version (Dull Blue, Red, Black, White), NMAX NEO (Dull Blue, Red, Black, White).
*hanya tersedia pada tipe tertentu
**hasil pengujian dapat berbeda tergantung dari bobot pengendara, kondisi jalan, dan lain sebagainya