BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR (5/11): Warga Balikpapan sambut Daihatsu Kumpul Sahabat dengan antusiasme tinggi. Tercatat ribuan pengunjung yang terdiri dari pelanggan setia, komunitas Daihatsu dan komunitas sepeda motor, hingga masyarakat setempat ramaikan acara yang berlangsung pada 3 November 2024 di Pantai Kilang Mandiri, Balikpapan, Kalimantan Timur ini.
Sebagai sarana silaturahmi dan ajang hiburan akhir pekan, acara ini hadirkan beragam aktivitas seru, seperti festival kuliner dari UMKM lokal, fasilitas cek kesehatan gratis dan donor darah, konvoi bersama lewat rolling thunder komunitas mobil Daihatsu dan roda dua, apresiasi pelanggan Xetia With Xenia, pameran modifikasi mobil, games untuk anak dan dewasa, penampilan band D’MASIV, talkshow, zumba bersama, doorprize menarik, serta hiburan menarik lainnya.
Acara Daihatsu Kumpul Sahabat juga mendapat apresiasi dari Penjabat Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzakkir. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai penyelenggara turut memfasilitasi UMKM lokal mengenalkan produk ke masyarakat luas.
“Hal ini sangat luar biasa sebagai bentuk kerja sama dan kolaborasi positif yang saling mendukung bersama dengan Pemerintah Kota Balikpapan. Terima kasih atas kontribusinya dalam memajukan UMKM Kota Balikpapan,” jelas Ahmad.
Selama berlangsungnya acara ini, Daihatsu Kumpul Sahabat juga meninggalkan kesan positif tersendiri bagi para pengunjung dan masyarakat di Balikpapan, ditambah warga juga berharap acara ini rutin digelar setiap tahun.
Dukungan terhadap para pelaku UMKM lokal
Salah satu UMKM lokal yang menarik adalah pengguna Gran Max yang dimodifikasi menjadi food truck sebagai sarana pencari cuan yang membuat acara Daihatsu Kumpul Sahabat Balikpapan 2024 semakin meriah.
“Saya senang sekali acara seperti bisa diselenggarakan secara rutin. Ini kesempatan yang bagus untuk kami UMKM, apalagi di Balikpapan yang punya banyak potensi. Semoga dengan adanya acara seperti ini, kami bisa lebih maju,” ujar Rosi, salah seorang pedagang yang lapaknya mengandalkan Daihatsu Gran Max.
Respons serupa juga datang dari Gina, pemilik mobil Daihatsu yang menggunakan mobil Xenia untuk berjualan minuman di acara ini. Ia menjelaskan bahwa mobil Daihatsu miliknya dipilih karena desainnya yang sesuai untuk kebutuhan keluarga besar, namun tetap nyaman.
“Saya memanfaatkan mobil ini untuk berjualan karena melihat peluang di acara yang ramai pengunjung. Awalnya, saya ditawari tenant tapi sudah penuh, akhirnya diberi kesempatan masuk menggunakan mobil Daihatsu. Jadi sekalian saya ingin menunjukkan bahwa mobil keluarga Daihatsu bisa juga dipakai untuk usaha,” ujarnya.
Keseruan dari Komunitas Mobil Daihatsu dan Sepeda Motor
Daihatsu Kumpul Sahabat menjadi momen berkumpul dan bersosialisasi antar komunitas pemilik mobil Daihatsu ataupun sepeda motor, sekaligus memperluas networking mereka.
Pipin Junaedi dari Maxio Balikpapan beranggapan acara ini harus diadakan rutin sebagai momen guyub komunitas, serta pemilik kendaraan Daihatsu pada umumnya.
“Bagus sekali ya, kalau bisa Daihatsu Kumpul Sahabat ini terus diadakan untuk mempererat hubungan sesama pengguna Daihatsu. Acara ini sejatinya dapat menyatukan seluruh pengguna kendaraan Daihatsu, termasuk pengguna mobil Daihatsu lawas juga bisa ikut partisipasi disini,” ujarnya.
Perwakilan komunitas sepeda motor, Ady Echap sebagai Ketua Joker Max Balikpapan, mengatakan acara pesta rakyat ini sangat seru dan menyenangkan. Ia juga mengungkap ada perasaan berbeda ketika hadir dan berkunjung ke acara Daihatsu Kumpul Sahabat.
“Kami berterima kasih kepada Daihatsu yang telah mengundang Joker Maxi Balikpapan. Hal paling berkesan bagi saya yaitu adanya booth khusus teman-teman komunitas motor untuk berkumpul atau melakukan silaturahmi antar sesama klub motor maupun komunitas pemilik mobil Daihatsu di lokasi, ditambah juga ada rolling thunder (touring) yang juga sudah bagus,” terang Ady.
Kata Masyarakat Balikpapan
Sebagai salah satu pengunjung, Candra mengungkapkan kesannya terhadap acara yang dinilainya sebagai kesempatan rekreasi akhir pekan bersama keluarga sambil menikmati hiburan seperti kuliner, musik, lomba dan pameran mobil.
“Kebetulan Minggu pagi ini kami belum ada rencana mau pergi ke mana, jadi pas ada acara Daihatsu ya langsung datang. Seru karena lengkap, ada jajanan, musik, lihat mobil-mobil, dan bisa bertemu komunitas pengguna Daihatsu lainnya. Acara seperti ini bagus untuk hiburan keluarga dan memanfaatkan wisata pinggir pantai di Balikpapan. Sudah lama kami pakai Daihatsu, di mulai dari Xenia, dan beberapa bulan terakhir ini pakai Rocky. Daihatsu itu irit, mesinnya kuat, dan selama ini enggak pernah rewel. Makanya kami percaya sama Daihatsu,” ungkap Candra.
Apresiasi Pelanggan Setia lewat Xetia With Xenia
Daihatsu juga berikan penghargaan bagi pelanggan setia pengguna Xenia yang konsisten menjaga kondisi mobilnya tetap terawat sejak awal kepemilikan hingga saat ini lewat Xetia With Xenia.
Machlan Hastaika (59), pemilik mobil Xenia generasi awal yang perdana kali diluncurkan di Indonesia pada 2004 ini terpilih menjadi pelanggan Xetia With Xenia di Balikpapan. Daihatsu Xenia berwarna coklat muda metalik miliknya, setia ia gunakan selama 20 tahun dengan jarak tempuh lebih dari 200 ribu kilometer.
“Saya sekeluarga sangat suka dengan Xenia karena dapat memenuhi berbagai kebutuhan kami sekeluarga dan masih menjadi kendaraan andalan kami sampai saat ini, baik untuk keperluan sehari-hari maupun perjalanan jauh, seperti ke Banjarmasin dan Samarinda. Saya juga merasa dimanjakan dengan layanan pelanggan Daihatsu, yang selalu mengingatkan jadwal servis secara proaktif. Kalau saya sibuk, mereka juga menawarkan jemput mobil ke rumah. Itu yang membuat saya merasa nyaman dan dihargai sebagai pelanggan,” ujar Machlan.
Sebagaimana diketahui, Daihatsu Kumpul Sahabat merupakan salah satu upaya Daihatsu dalam mendekatkan diri kepada masyarakat di Indonesia dan konsisten diadakan setiap tahun sejak 2014.
“Kami mengucapkan terima kasih atas antusiasme tinggi dari pelanggan dan masyarakat di Balikpapan kepada Daihatsu Kumpul Sahabat. Semoga acara ini dapat memberikan pengalaman seru bagi mereka dalam menikmati hiburan akhir pekan, sekaligus dapat memberikan dampak positif bagi pelanggan, pelaku UMKM, komunitas, dan seluruh masyarakat,” ujar Rokky Irvayandi, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).