Close Menu
Berita NusantaraBerita Nusantara
    What's Hot

    Kenapa OPPO Pad SE Jadi Pilihan Tepat Bunda? Karena Aman untuk Anak, Nyaman untuk Ibu

    Senin, 4 Agustus 2025

    Resmi Buka UMK Digital Fest 2025, Telkom Pacu Semangat Go Digital untuk UMKM

    Senin, 4 Agustus 2025

    Galaxy Watch8 Sudah Bisa Dibeli Langsung, Smartwatch Andal yang Siap Dukung Gaya Hidup Aktifmu

    Senin, 4 Agustus 2025
    Facebook X (Twitter) Instagram YouTube
    Facebook X (Twitter) Instagram
    Berita NusantaraBerita Nusantara
    • Home
    • Bisnis
    • Nasional
    • Pemerintahan
    • Indeks
    Berita NusantaraBerita Nusantara
    Berita Nusantara / Realisasikan MoU, Kemenekraf dan P3I Perkuat Ekosistem Periklanan Indonesia
    Nasional

    Realisasikan MoU, Kemenekraf dan P3I Perkuat Ekosistem Periklanan Indonesia

    beritanusantaraberitanusantaraSelasa, 11 Maret 2025
    Warning: mysqli_query(): (HY000/1114): The table ‘(temporary)’ is full in /home/u6998656/public_html/wp-includes/class-wpdb.php on line 2345

    Kemenekraf dan P3I sinergi perkuat ekosistem periklanan Indonesia demi mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif, Jakarta, Selasa (11/03/2025).

    Jakarta, 11 Maret 2025 – Industri periklanan semakin menunjukkan kontribusi signifikan bagi ekonomi kreatif Indonesia. Berdasarkan laporan PwC’s Global Entertainment & Media Outlook 2024–2028 dan Omdia, pendapatan dari sektor periklanan pada 2023 telah melampaui belanja konsumen.

    Menyikapi potensi besar ini, Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Kemenekraf/Badan Ekraf) menggelar pertemuan dengan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) dengan guna menindaklanjuti Nota Kesepahaman (MoU) yang telah disepakati sebelumnya. Pertemuan yang berlangsung di Menara Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 11 Maret 2026, ini membahas strategi penguatan ekosistem periklanan nasional.

    Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Menekraf/Kabekraf), Teuku Riefky Harsya, menekankan bahwa periklanan memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

    Untuk itu, Kemenekraf sedang mengembangkan berbagai program yang dapat didukung oleh P3I demi memperkuat industri ini.

    “Kami ingin memastikan bahwa ekosistem periklanan semakin berkembang dengan rantai nilai yang lebih kuat. Pemerintah juga berkomitmen untuk memperluas regulasi terkait Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) guna memperjelas cakupan sektor periklanan dalam ekonomi kreatif,” ujar Menekraf Riefky.

    Menekraf Riefky juga menyoroti pentingnya kolaborasi lintas sektor, termasuk pemanfaatan big data untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi industri periklanan.

    Wakil Menteri Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Wamenekraf/Wakabekraf), Irene Umar, menambahkan bahwa sistem pendataan yang lebih kuat akan menjadi faktor utama dalam pengembangan industri ini.

    “Kami akan terus perkuat sistem pendataan agar industri periklanan bisa lebih terarah dalam strategi pengembangan dan pengambilan kebijakan,” ujar Wamenekraf Irene.

    Sebagai langkah konkret, Kemenekraf bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengadakan berbagai program yang melibatkan pelaku industri periklanan, termasuk kolaborasi dengan pengembang gim lokal.

    Sementara itu, Ketua Umum P3I, Janoe Arijanto, menyoroti semakin beragamnya kategori bisnis periklanan di era digital.

    “Dalam 40 tahun terakhir, industri periklanan telah berkembang pesat. Kini, periklanan tidak hanya berfokus pada media konvensional seperti billboard, tetapi juga merambah ke dunia content creator dan live shopping yang semakin tumbuh dengan adanya sistem afiliasi,” ujar dia.

    Janoe juga mengungkapkan bahwa alokasi anggaran iklan kini lebih condong ke ranah digital, dengan 51 persen belanja iklan dialokasikan ke platform digital dibandingkan media konvensional.

    Untuk memperkuat ekosistem industri, P3I berencana menggelar berbagai program dan acara, termasuk Rancage pada kuartal kedua, Pinasthika untuk agensi lokal pada kuartal ketiga, serta Citra Pariwara sebagai ajang terbesar yang diinisiasi oleh P3I. Selain itu, Advertising Camp 4.0 akan hadir untuk merumuskan regulasi dan klasterisasi bagi agensi periklanan.

    Menekraf Riefky menegaskan bahwa pemerintah akan terus memberikan dukungan bagi industri periklanan nasional melalui regulasi yang lebih adaptif serta berbagai insentif ekonomi.

    Turut hadir dalam audiensi ini, Wamenekraf Irene Umar, Deputi Bidang Kreativitas Media Agustini Rahayu, dan Direktur Periklanan Selliane Halia Ishak.

    Indonesia Kementerian Nasional Nusantara
    Share. Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Telegram Copy Link
    Previous ArticlePuncak Arus Mudik Diprediksi Mulai 28 Maret, Kapolri Dirikan 2.835 Posko Pengamanan
    Next Article Polri Ungkap Kecurangan Minyak Goreng di Depok, Ribuan Liter Disita

    Berita Terkait

    Kenapa OPPO Pad SE Jadi Pilihan Tepat Bunda? Karena Aman untuk Anak, Nyaman untuk Ibu

    Senin, 4 Agustus 2025

    Resmi Buka UMK Digital Fest 2025, Telkom Pacu Semangat Go Digital untuk UMKM

    Senin, 4 Agustus 2025

    Galaxy Watch8 Sudah Bisa Dibeli Langsung, Smartwatch Andal yang Siap Dukung Gaya Hidup Aktifmu

    Senin, 4 Agustus 2025
    Leave A Reply Cancel Reply

    Berita Terkini

    Kenapa OPPO Pad SE Jadi Pilihan Tepat Bunda? Karena Aman untuk Anak, Nyaman untuk Ibu

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Resmi Buka UMK Digital Fest 2025, Telkom Pacu Semangat Go Digital untuk UMKM

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Galaxy Watch8 Sudah Bisa Dibeli Langsung, Smartwatch Andal yang Siap Dukung Gaya Hidup Aktifmu

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Pameran dan Business Matching “Specialty Indonesia” 2025 Mendorong Industri Specialty yang Tangguh dan Kompetitif di Pasar Global

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Honda STEP WGN e:HEV dan Honda Super EV Concept Menjadi Mobil Favorit di GIIAS 2025

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Mitsubishi Destinator Hadir dan Sambangi Warga di Balikpapan, Kalimantan Timur

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Chery TIGGO Cross CSH Hybrid Sukses Besar di GIIAS 2025, Sabet Penghargaan “Favorite Hybrid Vehicle”

    Senin, 4 Agustus 20250 Views

    Indonesia Kaya Budaya, Menperin: Harus Agresif Tunjukkan dan Bangga Pakai Batik

    Minggu, 3 Agustus 20250 Views

    Honda Culture Indonesia 2025 Siap Dimulai, Menyatukan Semangat Komunitas Honda di 11 Kota

    Minggu, 3 Agustus 20250 Views

    Green Run 2025, Inisiatif Kemenperin Ajak Publik Dukung Transformasi Industri Hijau

    Minggu, 3 Agustus 20250 Views
    Don't Miss

    Kenapa OPPO Pad SE Jadi Pilihan Tepat Bunda? Karena Aman untuk Anak, Nyaman untuk Ibu

    By beritanusantaraSenin, 4 Agustus 2025

    Dirancang untuk jadi tablet keluarga yang praktis dan ramah anak, OPPO Pad SE hadir mendukung…

    Resmi Buka UMK Digital Fest 2025, Telkom Pacu Semangat Go Digital untuk UMKM

    Senin, 4 Agustus 2025

    Galaxy Watch8 Sudah Bisa Dibeli Langsung, Smartwatch Andal yang Siap Dukung Gaya Hidup Aktifmu

    Senin, 4 Agustus 2025

    Pameran dan Business Matching “Specialty Indonesia” 2025 Mendorong Industri Specialty yang Tangguh dan Kompetitif di Pasar Global

    Senin, 4 Agustus 2025
    Top Posts

    Vero Sambut Pemimpin Baru untuk Tingkatkan Operasional dan Layanan di Indonesia

    Rabu, 9 Juli 202514 Views

    Smartphone moto g45 5G Perkuat Kinerja Motorola melalui Kontribusinya sebagai Merek Smartphone Terlaris di Lazada Indonesia

    Senin, 28 Juli 20258 Views

    Hari Anak Nasional 2025, Dharma Wanita Kemenperin Resmikan Taman Asuh Anak “Gempita”

    Jumat, 25 Juli 20256 Views

    Pertamina Perkenalkan Inovasi Sistem Perizinan Real-Time di Esri User Conference 2025

    Jumat, 18 Juli 20256 Views
    Berita Nusantara
    Facebook X (Twitter) Instagram YouTube TikTok
    • Tentang Kami
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber
    • Privacy Policy
    • Redaksi
    • SOP Perlindungan Wartawan
    • Contact
    © 2025 NONBLOK.COM | Berita Indonesia.

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.