Close Menu
Berita NusantaraBerita Nusantara
    What's Hot

    Dorong Aksi Nyata BUMN untuk Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, ASDP Salurkan Rp 8,1 Miliar untuk Program TJSL 2024

    Minggu, 3 Agustus 2025

    Didiek Hartantyo: Kami Mohon Maaf dan Terima Kasih atas Kesabaran Pelanggan

    Minggu, 3 Agustus 2025

    Jalur Kereta Api di Stasiun Pegadenbaru Sudah Bisa Dilalui Kembali, KA Argo Lawu Jadi Kereta Pertama yang Melintas Dengan Kecepatan Terbatas

    Sabtu, 2 Agustus 2025
    Facebook X (Twitter) Instagram YouTube
    Facebook X (Twitter) Instagram
    Berita NusantaraBerita Nusantara
    • Home
    • Bisnis
    • Nasional
    • Pemerintahan
    • Indeks
    Berita NusantaraBerita Nusantara
    Berita Nusantara / Antisipasi Keterlambatan, KAI Siapkan Kompensasi Berupa Service Recovery
    Bisnis

    Antisipasi Keterlambatan, KAI Siapkan Kompensasi Berupa Service Recovery

    beritanusantaraberitanusantaraJumat, 1 Agustus 2025

    Akibat gangguan operasional pada KA Argo Anggrek (KA 1) Relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir pada Jumat, 1 Agustus 2025, pukul 15:47 WIB, di Emplasemen Stasiun Pegadenbaru, wilayah Daop 3 Cirebon, beberapa perjalanan kereta api yang melalui jalur Cikampek – Cirebon mengalami keterlambatan. Hal ini disebabkan oleh proses evakuasi kereta api, perbaikan jalur rel, dan penerapan pola operasi perjalanan memutar. Hingga Jumat malam (1/8), sebanyak 17 perjalanan KA mengalami keterlambatan.

    KA yang mengalami keterlambatan:

    1. KA 152 (Brantas) Pasarsenen – Blitar

    2. KA 254 (Kertajaya) Pasarsenen – Surabaya Pasarturi

    3. KA 38 (Brawijaya) Gambir – Malang

    4. KA 18 (Argo Sindoro) Gambir – Semarang Tawang

    5. KA 8 (Bima) Gambir – Surabaya Gubeng

    6. KA 61 (Sembrani) Surabaya Pasarturi – Gambir

    7. KA 259 (Tawangjaya) Semarang Poncol – Pasarsenen

    8. KA 161 (Bangunkarta) Jombang – Pasarsenen

    9. KA 89 (Gaya Baru Malam) Surabaya Gubeng – Pasarsenen

    10. KA 123 (Cakrabuana) Cirebon – Gambir

    11. KA 5 (Argo Semeru) Surabaya Gubeng – Gambir

    12. KA 115 (Sawunggalih) Kutoarjo – Pasarsenen

    13. KA 27 (Argo Merbabu) Semarang Tawang – Gambir

    14. KA 203 (Tegal Bahari) Tegal – Pasarsenen

    15. KA 29F (Argo Anjasmoro) Surabaya Pasarturi – Gambir

    16. KA 179 (Tawangjaya Premium) Semarang Tawang – Pasarsenen

    17. KA 119 (Gunungjati) Semarang Tawang – Gambir

    KA yang mengalami pola operasi memutar:

    1. KA Ciremai relasi Bandung – Semarang Tawang

    2. KA Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang – Pasar Senen

    3. KA Brawijaya relasi Gambir – Malang

    4. KA Anjasmoro relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir

    “Akibat keterlambatan ini, KAI memohon maaf kepada para penumpang yang mengalami ketidaknyamanan. Untuk mengantisipasi keterlambatan lebih lanjut, kami telah menyiapkan kompensasi berupa service recovery sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba.

    KAI akan memberikan kompensasi sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api. Kompensasi bagi penumpang yang mengalami keterlambatan adalah sebagai berikut:

    Service Recovery Atas Keterlambatan

    1. Keterlambatan lebih dari 1 jam:

    • Pengembalian Tiket: Penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian biaya tiket secara penuh (100%), kecuali biaya pesan.

    • Minuman ringan: Jika tidak membatalkan tiket, penumpang akan diberikan minuman ringan.

    2. Keterlambatan lebih dari 3 jam:

    • Minuman dan makanan ringan berat.

    3. Keterlambatan lebih dari 5 jam (kedatangan):

    • Jam ke-3 keterlambatan: Penumpang akan diberikan makanan dan minuman ringan.

    • Jam ke-5 keterlambatan: Penumpang akan diberikan makanan dan minuman berat.

    Pembatalan perjalanan:

    • Jika penumpang ingin membatalkan perjalanan karena keterlambatan lebih dari satu jam, pengembalian tiket dilakukan sesuai dengan ketentuan di atas.

    • Jika perjalanan dialihkan melalui rute memutar dan penumpang memutuskan untuk membatalkan perjalanan, tiket juga akan dikembalikan 100%.

    Pengembalian Bea Bagasi

    • Pengembalian 100% jika penumpang tidak jadi melakukan perjalanan.

    Tiket Pengganti

    • Kelas lebih tinggi: Tidak ada biaya tambahan.

    • Kelas turun: Pengembalian bea akan disesuaikan sesuai ketentuan.

    Ketentuan Lainnya

    • Pengembalian Tiket: Proses pengembalian dapat dilakukan di loket stasiun yang menyediakan layanan pengembalian secara langsung atau melalui transfer paling lambat 1×24 jam setelah pembatalan.

    • Batas waktu proses pembatalan dan pengembalian bea hingga 7 (tujuh) hari (7 x 24 jam) dari tanggal dan jam keberangkatan yang tertera di tiket.

    KAI telah menyiapkan Tim Penolong dan Tim Prasarana untuk mempercepat proses evakuasi dan perbaikan jalur rel di lokasi kejadian. Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan perjalanan kembali normal sesegera mungkin.

    Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di nomor 021-121, atau melalui WhatsApp di nomor 0811-1211-1121. (Public Relations KAI)

    Bisnis Ekonomi Ekonomi dan Bisnis Indonesia Nasional Nusantara
    Share. Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Telegram Copy Link
    Previous ArticleLaporan Keuangan Telkom Kuartal II 2025, Telkom Percepat Eksekusi Transformasi, Cetak Pendapatan Konsolidasi Rp73 Triliun
    Next Article KAI Kirim 60 Gerbong Datar Tahap Awal, Upaya Perkuat Ekosistem Logistik Menuju Target RJPP Angkutan Barang 2029

    Berita Terkait

    Dorong Aksi Nyata BUMN untuk Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, ASDP Salurkan Rp 8,1 Miliar untuk Program TJSL 2024

    Minggu, 3 Agustus 2025

    Didiek Hartantyo: Kami Mohon Maaf dan Terima Kasih atas Kesabaran Pelanggan

    Minggu, 3 Agustus 2025

    Jalur Kereta Api di Stasiun Pegadenbaru Sudah Bisa Dilalui Kembali, KA Argo Lawu Jadi Kereta Pertama yang Melintas Dengan Kecepatan Terbatas

    Sabtu, 2 Agustus 2025
    Leave A Reply Cancel Reply

    Berita Terkini

    Dorong Aksi Nyata BUMN untuk Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, ASDP Salurkan Rp 8,1 Miliar untuk Program TJSL 2024

    Minggu, 3 Agustus 20250 Views

    Didiek Hartantyo: Kami Mohon Maaf dan Terima Kasih atas Kesabaran Pelanggan

    Minggu, 3 Agustus 20250 Views

    Jalur Kereta Api di Stasiun Pegadenbaru Sudah Bisa Dilalui Kembali, KA Argo Lawu Jadi Kereta Pertama yang Melintas Dengan Kecepatan Terbatas

    Sabtu, 2 Agustus 20250 Views

    Gunung Lewotobi Laki-Laki Kembali Erupsi, Warga Diminta Waspada

    Sabtu, 2 Agustus 20250 Views

    Evakuasi Kereta Berhasil, Fokus KAI pada Penanganan Prasarana dan Keselamatan Perjalanan KA

    Sabtu, 2 Agustus 20250 Views

    Telkomsel Raih Penghargaan Global Prestisius dari Gartner Marketing & Communications Awards 2025 atas Inisiatif Filantropi Sambungkan Senyuman

    Jumat, 1 Agustus 20250 Views

    KAI Sampaikan Permohonan Maaf Terkait Insiden Gangguan Operasional KA Argo Bromo Anggrek di Emplasemen Stasiun Pegadenbaru

    Jumat, 1 Agustus 20250 Views

    KAI Kirim 60 Gerbong Datar Tahap Awal, Upaya Perkuat Ekosistem Logistik Menuju Target RJPP Angkutan Barang 2029

    Jumat, 1 Agustus 20250 Views

    Antisipasi Keterlambatan, KAI Siapkan Kompensasi Berupa Service Recovery

    Jumat, 1 Agustus 20250 Views

    Laporan Keuangan Telkom Kuartal II 2025, Telkom Percepat Eksekusi Transformasi, Cetak Pendapatan Konsolidasi Rp73 Triliun

    Jumat, 1 Agustus 20250 Views
    Don't Miss

    Dorong Aksi Nyata BUMN untuk Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, ASDP Salurkan Rp 8,1 Miliar untuk Program TJSL 2024

    By beritanusantaraMinggu, 3 Agustus 2025

    Jakarta, 3 Agustus 2025 — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus menunjukkan komitmen nyata sebagai…

    Didiek Hartantyo: Kami Mohon Maaf dan Terima Kasih atas Kesabaran Pelanggan

    Minggu, 3 Agustus 2025

    Jalur Kereta Api di Stasiun Pegadenbaru Sudah Bisa Dilalui Kembali, KA Argo Lawu Jadi Kereta Pertama yang Melintas Dengan Kecepatan Terbatas

    Sabtu, 2 Agustus 2025

    Gunung Lewotobi Laki-Laki Kembali Erupsi, Warga Diminta Waspada

    Sabtu, 2 Agustus 2025
    Top Posts

    Vero Sambut Pemimpin Baru untuk Tingkatkan Operasional dan Layanan di Indonesia

    Rabu, 9 Juli 202514 Views

    Smartphone moto g45 5G Perkuat Kinerja Motorola melalui Kontribusinya sebagai Merek Smartphone Terlaris di Lazada Indonesia

    Senin, 28 Juli 20258 Views

    Hari Anak Nasional 2025, Dharma Wanita Kemenperin Resmikan Taman Asuh Anak “Gempita”

    Jumat, 25 Juli 20256 Views

    Pertamina Perkenalkan Inovasi Sistem Perizinan Real-Time di Esri User Conference 2025

    Jumat, 18 Juli 20256 Views
    Berita Nusantara
    Facebook X (Twitter) Instagram YouTube TikTok
    • Tentang Kami
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber
    • Privacy Policy
    • Redaksi
    • SOP Perlindungan Wartawan
    • Contact
    © 2025 NONBLOK.COM | Berita Indonesia.

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.