Jakarta, 1 November 2024 – Pusat komunikasi (contact center) Bank Indonesia ‘BI Bicara’ kembali mendapatkan penghargaan internasional pada kategori korporasi dari Contact Center World (CCW) dalam Global Top Ranking Performers Awards 2024. Penghargaan ini diterima Bank Indonesia pada puncak acara CCW di London, Inggris (31/10).
CCW merupakan asosiasi contact center internasional yang didirikan pada tahun 1999 yang secara rutin menyelenggarakan kompetisi contact center berbagai lembaga terpilih di dunia. Pada penyelenggaraan tahun ini, CCW diikuti 2.000 peserta dari 80 negara perwakilan dari Asia Pasifik, Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Dalam acara tersebut, Bank Indonesia memperoleh 2 emas, dan 2 perak dengan rincian sebagai berikut:
Medali emas dengan kategori:
- Best Employee Engagement;
- Best Self Service Technology.
Medali perak dengan kategori:
- Best Customer Experience Organization;
- Best Customer Service.
Selain itu Bank Indonesia juga memperoleh pengakuan 3 Certified Word Class Contact Center atas konsistensi pencapaian 3 tahun berturut-turut dengan kategori:
- Certified in Help Desk;
- Certified in Customer Service;
- Certified in Employee Wellness.
Contact center ‘BI Bicara’ menjadi wujud nyata Bank Indonesia untuk membangun transparansi dalam bentuk Layanan Informasi Publik (LIP) sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. BI Bicara saat ini memiliki 14 kanal yang melayani permohonan informasi dari masyarakat luas terkait peran, tugas, serta kebijakan Bank Indonesia.
Pencapaian ini menjadi pendorong contact center ‘BI Bicara’ untuk terus berinovasi dan terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan terbaik kepada publik.