Close Menu
Berita NusantaraBerita Nusantara
    What's Hot

    UIN Jakarta dan PUSPENMA Kemenag Bersinergi Dukung Penguatan Riset melalui MoRA The AIR Funds 2025

    Jumat, 17 Oktober 2025

    PSGA UIN Jakarta Gaungkan Literasi Pencegahan Kekerasan Seksual lewat Peluncuran Buku Pedoman PPKS

    Kamis, 16 Oktober 2025

    Troubleshooting UPS Errors: What You Need to Know

    Sabtu, 4 Oktober 2025
    Facebook X (Twitter) Instagram YouTube
    Facebook X (Twitter) Instagram
    Berita NusantaraBerita Nusantara
    • Home
    • Bisnis
    • Nasional
    • Pemerintahan
    • Indeks
    Berita NusantaraBerita Nusantara
    Berita Nusantara / Indonesia Kembali Ikuti Bursa Pariwisata di London Perkuat Capaian Kunjungan Wisman
    Nasional

    Indonesia Kembali Ikuti Bursa Pariwisata di London Perkuat Capaian Kunjungan Wisman

    beritanusantaraberitanusantaraKamis, 7 November 2024

    London, 7 November 2024 – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali berpartisipasi dalam World Travel Market (WTM) London 2024 yang berlangsung di Excel, London, Inggris, pada 5-7 November 2024, sebagai upaya memperkuat capaian target kunjungan wisman ke Indonesia tahun 2024. 

    Kemenparekraf kembali berpartisipasi dalam World Travel Market (WTM) London 2024 yang berlangsung di Excel, London, Inggris, pada 5-7 November 2024.

    Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, dalam keterangannya di London, Kamis (7/11/2024), mengatakan bahwa Kemenparekraf bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Barat Daya, menghadirkan Paviliun Indonesia di WTM London 2024 seluas 180 m2 dengan posisi booth di Hall N9-220.

    “Kami memfasilitasi 46 usaha jasa pariwisata meliputi biro perjalanan wisata dan usaha jasa akomodasi yang tersebar dari beberapa provinsi di Indonesia dengan mengimplementasikan konsep collaborative marketing sebagai usaha promosi bersama dalam menjadikan Indonesia sebagai top of mind di originasi,” kata Made. 

    Made menjelaskan, Inggris merupakan pasar utama wisatawan Eropa ke Indonesia dengan jumlah wisatawan terbanyak mencapai 267.403 wisatawan selama periode Januari – Agustus 2024. Angka itu tercatat meningkat sebesar 19,55 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2023, diikuti oleh Prancis, Belanda, Jerman, dan Rusia. 

    Dari segi pengeluaran, wisatawan Inggris cukup besar dengan membelanjakan 3.394 dolar AS dari setiap kunjungan dan merupakan peringkat tiga terbesar di dunia.

    “Berdasarkan data kunjungan dan pengeluaran tersebut, kami berharap ini akan terus tumbuh serta mampu memberikan kontribusi optimal bagi masyarakat Indonesia hingga penghujung tahun,” kata Made. 

    Made mengungkapkan sektor pariwisata mencatatkan hasil yang menggembirakan pada tahun 2023 dengan berhasil mendatangkan 11,6 juta kunjungan wisatawan mancanegara dari target 8,5 juta, angka ini meningkat sebesar 98,3 persen dibandingkan tahun 2022.

    Pada September 2024, capaian wisatawan mancanegara sebesar 1,27 juta kunjungan dengan total kunjungan dari Januari hingga September adalah 10,3 juta kunjungan atau meningkat 20,28 persen dibanding periode yang sama di tahun 2023. 

    “Pada triwulan terakhir 2024 kami optimistis untuk mencapai bahkan mampu melebihi target yang telah ditentukan, salah satunya dengan memanfaatkan momentum pameran pariwisata terbesar kedua dunia tersebut,” kata Made.

    Tema yang diangkat Indonesia pada Bursa Pariwisata WTM London, adalah ‘Keep the Wonders! Discover to Uncover a New Way of Life’. Tema ini konsisten mempromosikan 5 Destinasi Super Prioritas dan Bali sebagai salah satu hub internasional menuju destinasi wisata Indonesia. 

    Pada kesempatan itu upaya promosi Destinasi Super Prioritas kembali diutamakan dalam rangka memberikan alternatif destinasi kepada wisatawan agar bisa lebih mengeksplorasi wilayah Indonesia yang luas dan menyimpan atraksi menakjubkan. 

    Adapun 5 (lima) Destinasi Super Prioritas ini adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Likupang di Sulawesi Utara. 

    Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II, Kemenparekraf/Baparekraf Cecep Rukendi, mengatakan pada 2023 pasar Eropa mencatatkan market sebanyak 17,4 persen, dengan Inggris memberikan performa terbaik menyumbangkan 335.000 kunjungan wisatawan ke Indonesia. 

    “Oleh karena itu, kami optimistis mencapai target kenaikan 20 persen di atas target tahun lalu, yaitu potential pax sebanyak 110.000 orang dengan devisa pariwisata yang mencapai Rp5,95 triliun,” kata Cecep. 

    Bersamaan dengan acara WTM London, Kemenparekraf juga menyelenggarakan Wonderful Indonesia Appreciation Night dengan konsep business meeting mengundang beberapa mitra TATO/Wholesaler di originasi, KBRI, diaspora, atase perdagangan, maupun media untuk mengamplifikasi kegiatan tersebut. 

    Tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan informasi update terkait destinasi pariwisata maupun kebijakan pariwisata Indonesia, membuka dan meningkatkan relasi antar mitra dan stakeholder serta menjaring masukan dalam rangka memberikan kemudahan dan kepuasan kepada wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. 

    Pada acara tersebut juga disajikan kuliner Indonesia seperti soto, rendang dan ikan woku yang merupakan racikan dari Chef Patty Elliot, Chef asal Indonesia yang terkenal di dunia dalam rangka mendukung misi spice up the world. Selain itu juga disajikan pertunjukan seni Tari Legong Mahawidya (Bali) dan Nandak Abnon dari Betawi untuk mengenalkan kreativitas budaya Indonesia yang unik. 

    Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf dan Dubes RI di London menjadi host acara yang menyambut seluruh tamu undangan Wonderful Indonesia Appreciation Night ini.

    Tak hanya itu, dalam rangka mendukung penerapan Blue, Green, and Circular Economy (BGCE) serta Road Map Dekarbonisasi Pariwisata, Direktorat Wisata Minat Khusus, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf/Baparekraf memperkenalkan Wonderful Indonesia Sustainable Experience (WISE) Trip. 

    Program ini menawarkan 25 paket wisata dari 10 agen/operator terpilih yang fokus menjual paket wisata berkualitas dan peduli dengan dekarbonisasi tersebut melalui lima tema utama mencakup adventure & ecotourism, gastronomy, wellness, heritage, dan marine. Setiap paket dirancang berdasarkan prinsip pariwisata berkelanjutan, termasuk perhitungan emisi karbon yang dikalkulasi melalui dua platform manajemen karbon di Indonesia, dan disajikan dalam bentuk e-book untuk membantu wisatawan mengurangi jejak emisi mereka.

    Indonesia Kementerian Nasional Nusantara
    Share. Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Telegram Copy Link
    Previous ArticleKembangkan Ekosistem AI, Menkomdigi Temui Perusahaan TI Global
    Next Article Pertahankan Kinerja Impresif di Kuartal III 2024: PGE Perkuat Posisi sebagai Motor Penggerak Energi Bersih untuk Swasembada Energi Indonesia

    Berita Terkait

    UIN Jakarta dan PUSPENMA Kemenag Bersinergi Dukung Penguatan Riset melalui MoRA The AIR Funds 2025

    Jumat, 17 Oktober 2025

    PSGA UIN Jakarta Gaungkan Literasi Pencegahan Kekerasan Seksual lewat Peluncuran Buku Pedoman PPKS

    Kamis, 16 Oktober 2025

    Troubleshooting UPS Errors: What You Need to Know

    Sabtu, 4 Oktober 2025
    Leave A Reply Cancel Reply

    Berita Terkini

    UIN Jakarta dan PUSPENMA Kemenag Bersinergi Dukung Penguatan Riset melalui MoRA The AIR Funds 2025

    Jumat, 17 Oktober 20258 Views

    PSGA UIN Jakarta Gaungkan Literasi Pencegahan Kekerasan Seksual lewat Peluncuran Buku Pedoman PPKS

    Kamis, 16 Oktober 20252 Views

    Troubleshooting UPS Errors: What You Need to Know

    Sabtu, 4 Oktober 20250 Views

    Packing Essentials for Fragile Items

    Sabtu, 4 Oktober 20250 Views

    Practical Solutions for Everyday UPS Shipping Problems

    Sabtu, 4 Oktober 20250 Views

    Effective Packing: A Step-by-Step Guide

    Sabtu, 4 Oktober 20250 Views

    The Ultimate Guide to Mastering Shipping Challenges

    Sabtu, 4 Oktober 20250 Views

    Common UPS Mistakes and How to Avoid Them

    Sabtu, 4 Oktober 20250 Views

    Packing Tips That Ensure Safe Deliveries

    Sabtu, 4 Oktober 20250 Views

    Top Strategies to Resolve UPS Shipping Errors

    Sabtu, 4 Oktober 20250 Views
    Don't Miss

    UIN Jakarta dan PUSPENMA Kemenag Bersinergi Dukung Penguatan Riset melalui MoRA The AIR Funds 2025

    By beritanusantaraJumat, 17 Oktober 2025

    UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bersama Pusat Pembiayaan Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan (PUSPENMA) gelar kegiatan…

    PSGA UIN Jakarta Gaungkan Literasi Pencegahan Kekerasan Seksual lewat Peluncuran Buku Pedoman PPKS

    Kamis, 16 Oktober 2025

    Troubleshooting UPS Errors: What You Need to Know

    Sabtu, 4 Oktober 2025

    Packing Essentials for Fragile Items

    Sabtu, 4 Oktober 2025
    Top Posts

    UIN Jakarta dan PUSPENMA Kemenag Bersinergi Dukung Penguatan Riset melalui MoRA The AIR Funds 2025

    Jumat, 17 Oktober 20258 Views

    APP Group Tegaskan Komitmen Keberlanjutan, Raih BISRA 2025 Lewat Indah Kiat Tangerang dan Perawang

    Kamis, 2 Oktober 20253 Views

    Ketua IPW: Kapolri Bisa dari Akpol atau Non Akpol, Insan Polri Jangan Terpecah

    Selasa, 30 September 20253 Views

    Kasetukpa Lemdiklat Polri Sambut Baik Rencana Museum di Rumah Pengasingan Bung Hatta-Sjahrir

    Rabu, 29 Januari 20253 Views
    Berita Nusantara
    Facebook X (Twitter) Instagram YouTube TikTok
    • Tentang Kami
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber
    • Privacy Policy
    • Redaksi
    • SOP Perlindungan Wartawan
    • Contact
    © 2025 NONBLOK.COM | Berita Indonesia.

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.